Laman

Rabu, 24 November 2010

Perkembangan Bus Sistem

Pendahuluan
       Bus merupakan jalur listrik jalur listrik bersama antara berbagai macam peralatan seperti CPU,memory dan I/O.Bus dapat dikelompokan menjadi dua yaitu bus internal yang menghubungkan semua peralatan dari dan ke ALU (Arithmatic Logic Unit), dan bus eksternal (diluar CPU) yaitu sebagai penghubung semua peralatan dengan alat-alat input ouput (I/O).
      Di dalam istilah komputer ada juga bus sistem yang merupakan sebuah bus eksternal tunggal pada komputer pribadi yang terpasang pada motherboard dengan konektor yang terpasang pada interval jarak yang teratur.
     Untuk membuat atau mendesain sebuah bus diperlukan protokol bus yang digunakan untuk aturan standar yang berkaitan dengan standar bus. Hal ini bertujuan untuk memenuhi spesifikasi mekanik dan elektrik yang harus dipenuhi oleh perancang board. Perkembangan bus sistem yang pernah ada saat ini adalah Omnibus (PDP-8), Unibus (PDP-11), Multibus (8086), Bus PC IBM (PC/XT), Bus ISA (PC/AT), Bus EISA (80386), Microchannel (PS/2), Bus PCI, Bus SCSI, Nubus (machintos), USB, Firewire, Bus VME, dan Bus Camac. 
     Dengan demikian, pemahaman tentang perkembangan bus sistem pada setiap generasi komputer dan juga teknologi yang mengikutinya baik mencakup arsitektur maupun organisasinya sangat diperlukan. Diharapkan dalam perkembangan komputer yang akan datang akan diimbangi dengan perkembangan sistem bus yang mendukung kerja keseluruhan sistem komputer yang dapat menjawab kebutuhan manusia yang terus bertambah dan berkembang.
 
   Untuk melihat jelasnya dari perkebanagn bus sistem dapat di download disini

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting