Laman

Rabu, 24 November 2010

Perkembangan Input Output

Pendahuluan
       Sebuah komputer tersusun atas tiga komponen penting, diantaranya CPU, memori, dan perangkat masukan dan keluaran atau input-output(I/O). Sistem komputer tidak akan berguna tanpa adanya peralatan I/O. Komputer harus memiliki alat dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan lingkungannya (pemakai). Hal ini dilakukan melalui unit utama komputer lainnya, sistem input/output (I/O), yang berfungsi untuk mentransfer informasi antara CPU atau memori utama dan dunia luar.
       Sistem I/O terdiri aras piranti I/O (juga disebut peripheral), pengendali piranti (device controller) yang dilalui piranti untuk berkomunikasi dengan CPU atau memori utama dalam suatu aturan yang baku dan perangkat lunak untuk operasi I/O dan pelayanan. Dalam pandangan perangkat keras dan perangkat lunak, I/O merupakan masalah yang paling sukar dalam perancangan dan penggunaan sistem komputer. Sebagian besar masalah tersebut berawal dari kenyataan bahwa I/O memerlukan komunikasi antarpiranti yang karakteristiknya sangat berbeda.
      Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Ada beberapa mode dasar operasi I/O yang dibedakan oleh derajat keterlibatan CPU. Mode dasar inilah yang mendasari bagaimana perangkat/piranti I/O melakukan transfer data/informasi ke dalam dan ke luar komputer. Dalam makalah ini akan dibahas tentang cara kerja piranti-piranti I/O dalam mentransfer informasi ke dalam dan keluar komputer dan cara kerja peripheral dengan bandwidth tinggi dapat disambungkan dengan bus PCI.
     Untuk melihat artikel selengkapnya dapat di download disini

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting